Rabu, 02 Desember 2020

RANTAI MAKANAN DAN SIMBIOSIS

HALOOO TEMAN-TEMAN SEMUA....!!!

SELAMAT DATANG KEMBALI DI BLOG AKU...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜Š YEAYYYY ๐Ÿ‘๐Ÿ‘HOREEE... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Kenalin nih teman-teman nama ku Dwi Anjarwati aku dari Offering A5D Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Negeri Malang.

Jadi teman-teman kali ini aku akan berbagi Power Point Interaktif dengan judul Rantai Makanan dan Simbiosis yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran khususnya untuk kelas 5 SD/MI semester 1. Pada kelas 5 SD/MI terdapat materi pembelajaran Tema 5 dengan judul materi EKOSISTEM. Nah.... pada subtema 2 pembelajaran ke 1 di sana akan dibahas mengenai rantai makanan dan simbiosis. Untuk mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran maka sebagai seorang guru harus menggunakan media pembelajaran yang kreatif salah satunya dengan menggunakan Power Point Interaktif yang dapat membantu siswa agar lebih mudah memahami materi pembelajaran yang diberikan.

Nahhh.... di dalam Power Point Interaktif yang aku kembangkan ini di dalamnya terdapat:

1. Petunjuk penggunaan Power Point Interaktif

2. Tujuan pembelajaran

3. Materi mengenai rantai makanan dan simbiosis

4. Soal/kuis untuk pendalaman materi

5. Rangkuman materi 

Dan tentunya ada profil aku ya teman-temen....๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜


Dalam Power Point Interaktif dengan judul Rantai Makanan dan Simbiosis yang telah aku kembangkan, terdapat meteri pembelajaran mengenai rantai makanan dan simbiosis yang aku rangkum sebagai berikut:

Rantai makanan adalah rangkaian peristiwa memakan dan dimakan dengan urutan tertentu antar makhluk hidup. Secara umum terdapat tiga peran makhluk hidup dalam rantai makanan, yaitu produsen, konsumen, dan pengurai.

Makhluk hidup saling berinteraksi untuk mempertahankan hidupnya. Interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem dapat berupa simbiosis. Simbiosis dibedakanmenjadi tiga, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme , dan simbiosisi parasitisme.


Berikut aku berikan beberapa contoh tampilan dari Power Point Interaktif yang aku kembangkan

1. Judul materi


2. Menu utama



3. Petunjuk penggunaan


4. Tujuan Pembelajaran


5. Materi pembelajaran







6. Kuis/Soal Pendalaman Materi Pembelajaran





7. Rangkuman Materi Pembelajaran



Jadi itu ya teman-teman beberapa contoh tampilan di Power Point Interaktif yang telah aku kembangkan.

Untuk lebih lengkap dan jelasnya teman-teman semua bisa download Power Point Interaktif yang berjudul Rantai Makanan dan Simbiosis di link berikut ini:

๐Ÿ‘‰ LINK DOWNLOAD PPT INTERAKTIF ๐Ÿ‘ˆ


Oke teman-teman cukup sampai disini dulu dari aku, semoga media pembelajaran ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

TERIMAKASIH BANYAK SUDAH BERKUNJUNG

SAMPAI BERJUMPA KEMBALI...๐Ÿ™‹‍♀️๐Ÿ™‹‍♀️๐Ÿ–

7 komentar:

  1. Mantebbbb๐Ÿ’ช, terima kasih Bu guruuu

    BalasHapus
  2. Terimakasih min PPTnya sangat menarik. Baik dari segi pemilihan kata untuk pembahasannya yang saya rasa sangat mudah dipahami anak-anak, bentuk tampilannya juga cukup kreatif, bahkan menurut saya sesuai dengan usia peserta didik.
    Dengan dilengkapi quiz yang tidak membosankan juga akan membantu meningkatkan kemauan siswa untuk belajar dan mencoba mengerjakan beberapa soal. Sekali lagi terimakaish Admin๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kembali sudah memberikan komentar dan tanggapannya

      Hapus
  3. Penjelasannya dari pptnya sangat mudah dipahami,dan sangat berwarna dan penuh animasi, ditunggu blog blog lainnya admin, terimakasih๐Ÿ‘‹

    BalasHapus
  4. Wah pptnya keren banget kak, penuh warma dan sangat mudah dipahami
    Terimakasih ya kak sangat bermanfaat ini
    Semangat terusss kakk

    BalasHapus

 

POWER POINT INTERAKTIF Template by Ipietoon Cute Blog Design